Pemahaman Taruna Taruni terhadap Faktor Pendukung dan Penghambat Kepatuhan dalam Menjalankan Peraturan Harian Bersifat Tetap ( PHST) di Politeknik Pelayaran Sumatera Barat
DOI:
https://doi.org/10.70031/jkb.v8i1.159Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali pemahaman taruna dan taruni terhadap faktor pendukung dan penghambat kepatuhan dalam menjalankan Peraturan Harian Bersifat Tetap (PHST) di Politeknik Pelayaran Sumatera Barat. Kepatuhan terhadap PHST dipandang sebagai aspek fundamental dalam pendidikan vokasi maritim karena terkait langsung dengan pembentukan disiplin, tanggung jawab, dan profesionalisme calon pelaut. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif, melalui analisis terhadap sepuluh jurnal relevan yang diterbitkan dalam lima tahun terakhir (2020–2025). Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor internal, seperti motivasi intrinsik, sikap, kontrol diri, dan kedewasaan emosional, berperan penting dalam meningkatkan kepatuhan. Sementara itu, faktor eksternal seperti teladan instruktur, sistem pengawasan, dukungan kelompok sebaya, serta budaya organisasi turut menentukan konsistensi perilaku disiplin. Temuan penelitian juga menegaskan bahwa pendekatan semi-militer, pembiasaan rutinitas harian, integrasi nilai moral dan spiritual, serta mentoring personal terbukti efektif membentuk karakter taruna secara holistik. Namun, ketidakpatuhan masih muncul akibat pengaruh lingkungan, rendahnya motivasi, dan kesulitan adaptasi taruna baru terhadap pola asrama yang ketat. Penelitian ini berkontribusi secara teoritis dalam memperluas kajian kepatuhan pada konteks pendidikan maritim, sekaligus memberikan implikasi praktis bagi pengembangan strategi pembinaan di institusi pelayaran. Dengan demikian, hasil penelitian diharapkan dapat mendukung pembentukan generasi pelaut yang disiplin, resilien, dan berintegritas tinggi.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 MICCO BENI SAPUTRA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




