Upaya Peningkatan Pelayanan Jasa Keagenan Kapal PT. Samudra Moda Selaras

Authors

  • ADHI PRATISTHA SILENT Politeknik Pelayaran Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.70031/jkb.v3i2.29

Keywords:

jasa keagenan kapal

Abstract

Suatu kapal yang berlabuh dan bersandar disuatu pelabuhan membutuhkan pelayanan dan memiliki berbagai keperluan yang harus dipenuhi. Untuk melayani berbagai keperluan tersebut perusahaan pelayaran akan menunjuk sebuah agen kapal PT. Samudra Moda Selaras yang memberikan pelayanan terhadap kapal-kapal yang diageni. Pelayanan yang baik dari agen akan membawa keuntungan dan kemajuan dari perusahaan.Sumber daya manusia, sarana prasarana dan kurangnya koordinasi dengan pihak terkait di pelabuhan merupakan faktor yang mengakibatkan pelayanan jasa keagenan terhadap kedatangan dan keberangkatan kapal di PT. Samudra Moda Selaras belum optimal. akan menghambat dan memperlambat prosedur pelayanan kapal dalam melaksanakan kegiatan pelayanan jasa keagenan kapal sehingga menimbulkan tambahan biaya tambat yang harus dibayar perusahaan dan terlambatnya keberangkatan kapal. Melakukan pelatihan dan perekrutan pegawai operasional yang baru dengan lebih selektif adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar mampu bersaing dan dapat meningkatkan mutu dari pelayanan terhadap kegiatan keluar masuknya kapal yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Bertambahnya jumlah sarana dan prasarana akan sangat berpengaruh dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan jasa
keagenan kapal. Sumber daya manusia yang berkualitas dan semakin banyaknya jumlah sarana dan prasarana serta meningkatnya koordinasi dan kerjasama yang baik dengan Instansi-instansi terkait dan sebagainya akan mempercepat proses keagenan dalam melaksanakan kegiatan pelayanan jasa keagenan kapal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Suyono (2014). Shipping Pengangkutan Intermodal, PPM Manajemen

Elfauzy Mohd. Rizky. (2015), proses keagenan kapal PT. Bunga Nusa Mahakam, Batam

Kepualauan Riau

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Hikza Aldi P. (2019) proses penanganan keagenan kapal, Tanjung emas, Semarang

Downloads

Published

22-03-2022

How to Cite

ADHI PRATISTHA SILENT. (2022). Upaya Peningkatan Pelayanan Jasa Keagenan Kapal PT. Samudra Moda Selaras. Jurnal Cakrawala Bahari, 3(2), 1–12. https://doi.org/10.70031/jkb.v3i2.29