ANALISA PROSES PENYULINGAN AIR LAUT MENJADI AIR TAWAR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT SEA RECOVERY WATERMAKER UNTUK KEGIATAN PEMELIHARAAN (MAINTENANCE)

  • Published: 11 August 2022
  • Page: 36-46

Abstract

Makhluk hidup dibumi ini sangat membutuhkan air, terutama air bersih karena merupakan unsur utama yang sangat diperlukan bagi kehidupan. Kebutuhan terhadap air tawar dalam aspek kehidupan sangat penting, termasuk kebutuhan di kapal laut. Sistem air tawar di kapal merupakan sistem yang sangat vital karena digunakan untuk makan, minum, mandi, cuci para ABK, pendinginan mesin, dan kebutuhan lainnya di kapal, menggunakan alat Sea Recovery Watermaker (SRW) Oleh karena itu perlu dilakukan analisis terhadap prinsip kerja alat sehingga diperoleh data-data yang berguna untuk kegiatan pemeliharaan ( maintenance). penelitian ini bertujuan untuk memperoleh datadata yang berguna untuk kegiatan pemeliharaan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data terdiri dari pengambilan sumber data skunder berupa referensireferensi yang berhubungan dengan sistim penyulingan air laut menjadi air tawar dan referensi mengenai sistim perawatan pemeliharaan, dan data primer yang diambil berdasarkan penelitian langsung di lapangan.. Hasil pengolahan data, diperoleh beberapa parameter dari setiap komponen mesin Sea Recovery Watermaker (SRW ) yang menunjukkan rentang / selisih yang relatif jauh dari standar operasional mesin yang seharusnya. Kapasitas air tawar yang dapat ditampung dalam Tangki Penampung 500 liter dan hasil analisis disajikan dalam bentuk tabel dimana perbandingan antara nilainilai parameter standar mesin dengan data-data yang diperoleh selama pengujian menunjukkan bahwa kinerja sistem tidak berjalan sesuai standar mesin. Hal ini disebabkan oleh beberapa komponen yang tidak bekerja maksimal, sehingga diperlukan kegiatan perawatan (maintenance) yang meliputi kegiatan pemeliharaan secara korektif,prediktif dan prenventif.

Keywords
  • Air Bersih
  • Pemeliharaan
  • Sistim Penyulingan Air Laut
  • Sea Recovery Watermaker
How to Cite
Syamsir. (2022). ANALISA PROSES PENYULINGAN AIR LAUT MENJADI AIR TAWAR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT SEA RECOVERY WATERMAKER UNTUK KEGIATAN PEMELIHARAAN (MAINTENANCE). Jurnal Cakrawala Bahari, 4(2), 36–46. Retrieved from https://jurnal.poltekpelsumbar.id/index.php/jcb/article/view/35
References
  1. Agung Suprihatin, 1998, Kelangkaan air tersebut sungguh mengingat predikat bumi sebagai “planet air”.
  2. Fardiaz, S. 1992. Polusi air dan udara. Kanisius. Yogyakarta. 193 h.
  3. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2010. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492/MENKES/PER/IV/2010 Tentang Persyaratan Kualitas Air Minum. Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta. 16 h.
  4. Gomes, Faustino Cardoso. (2000), Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit: Andi Offset.
  5. Nanawi, G. 2001. Kualitas Air dan Kegunaannya di Bidang Pertanian, Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. Jakarta. 36 h.
  6. Kartasapoetra. 2005. Teknologi Konservasi Tanah & Air. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
  7. Ray K, Linsley dan Joseph B. Franzini, 1990, Teknik Sumber Daya Air, Erlangga, Jakarta.
  8. Sofyan Morimura, 1985, Perencanaan dan Pemeliharaan Sistem Plumbing, PT Pradya Paramita, Jakarta.
  9. Sularso, Haruo Tahara, 1996, Pompa dan Kompresor, PT Pradya Paramita, Jakarta. Suprihanto, 2000, Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Teknik Penyediaan air Minum, Institut Teknologi Bandung, Bandung.
  10. Corder, Anthony, 1992, Teknik Manajemen Pemeliharaan, ter, K. Hadi. Erlangga, Jakarta.
  11. Hani Handoko, T, 2000, Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi 1, BPFE
  12. Yokyakarta.
  13. Heizer, Jay and Barry Render, 2001, Operation Management, 6th edition, Prentice-Hall Inc, New Jersey.
  14. Hani Handoko, T, 2000, Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi 1, BPFE Yokyakarta
  15. Assauri, Sofyan, 2004, Manajemen Produksi dan Operasi, edisi revisi, Lembaga Penerbit FE UI, Jakarta.
  16. Daryus, Asyari, 2007, Diktat Manajemen Pemeliharaan Mesin, Universitas Darma Persada – Jakarta.
  17. Sularso, Haruo Tahara, Pompa dan Kompressor : Pemilihan, Pemakaian dan Perawatan. PT. Pradnya Paramita, Jakarta 2000
  18. Dhillon, B.S, 2006. Maintainability, Maintenance, and Reliability for Engineers, Taylor & Francis, Boca Raton.
  19. Mobley, R. Keith, 2002. An introduction to predictive maintenance, 2nd ed, butterworthheinemann, USA.
  20. Setiawan, F.D, 2008. Perawatan Mekanikal Mesin Produksi, Maximus, Yogyakarta.
  21. Tampubolon, P. Manahan, 2004, Manajemen Operasional, edisi pertama, Ghalia
  22. Indonesia.