Analisis Penyebab Terjadinya Overheat pada Main Engine di Kapal Self Propelled Oil Barge Tirta Samudra XVIII
-
Published: 31 December 2022
-
Page: 5-10
Abstract
Mesin induk (main engine) merupakan penggerak utama kapal yang berperan penting dalam proses kelancaran pelayaran. Salah satu masalah yang sering terjadi pada saat mesin induk (main engine) beroperasi secara maksimum adalah overheat. Oleh karena itu, operasi sistem pendinginan mesin induk (main engine cooling system) sangat penting untuk meminimalisir terjadinya overheat pada mesin induk (main engine) agar tidak mengakibatkan terjadinya kerusakan fatal pada mesin. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mendapatkan informasi, data dan fakta-fakta nyata mengenai penyebab terjadinya overheat pada main engine di kapal SPOB. Tirta Samudra XVIII. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pentingnya pelaksaan perawatan berkala pada mesin induk (main engine), Sistem pendingin mesin induk( main engine cooling system) seperti fresh water cooler dan sea water pump. Agar pendinginan pada mesin induk (main engine) berjalan secara maksimal dan main induk (main engine) beroperasi secara optimal.
- Mesin Induk Main Engine
- Main Engine Cooling System
- Sea Water Pump

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Cheong, I. and Suthiwartnarueput, K. (2015) ‘ASEAN’s initiatives for regional economic integration and the implications for maritime logistics reforms’, International Journal of Logistics Management, 26(3), pp. 479–493. doi:10.1108/IJLM-08-2013-0092.
- Eno, F. (2019) ‘Analisis Meningkatnya Temperatur Air Pendingin Mesin Induk di MT. Gas Maluku. Diss. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang’, 03(November). Available at: http://repository.pip-semarang.ac.id/id/eprint/1768%0Ahttp://repository.pip-semarang.ac.id/1768/2/51145315T_OPEN_ACCESS %281%29.pdf.
- Gao, T. and Erokhin, V. (2020) ‘China-Russia collaboration in arctic shipping and maritime engineering’, Polar Journal, 10(2), pp. 353–374. doi:10.1080/2154896X.2020.1799612.
- Grussa, Z. De et al. (2019) ‘A London residential retrofit case study: Evaluating passive mitigation methods of reducing risk to overheating through the use of solar shading combined with night-time ventilation’, Building Services Engineering Research and Technology, 40(4), pp. 389–408. doi:10.1177/0143624419840768.
- Jhon W. Cresswell (2014) Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methodes Approaches, SAGE Publication, Inc.
- Klara, S., Mahmuddin, F., et al. (2022) ‘Penyuluhan dan Bimbingan Metode Perbaikan dan Perawatan Mesin Outboard pada Kapal Nelayan di Desa Pa’bentengang Kabupaten Maros’, JURNAL TEPAT: Teknologi Terapan untuk Pengabdian Masyarakat, 5(1), pp. 109–117.
- Klara, S., Hariyanto, S., et al. (2022) ‘Strategi Penjadwalan Perawatan Permesinan Kapal KMP. Kormomolin dengan Penerapan Dinamika Sistem’, 1(1), pp. 58–62. doi:10.25042/jrt2k.062022.09.
- Klara, S. et al. (2023) ‘Analisis Kerusakan Sistem Pendingin Mesin Utama Kapal TB. Semar 26 dengan Metode FTA dan USG’, Jurnal Riset Teknologi Perkapalan, 1(1), pp. 64–69.
- Lilis, L. and Umri Rizki, M. (2022) ‘Aktivitas Pelayanan Penumpang Kapal Km. Wira Ono Niho Di Dermaga Pelabuhan Pada Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas Iv Sibolga’,
- Journal of Maritime and Education (JME), 4(2), pp. 394–399. doi:10.54196/jme.v4i2.84.
- Maritim, P. et al. (2022) ‘SEIKO : Journal of Management & Business Manajemen Pelayanan Kedatangan Dan Keberangkatan Kapal Dalam Menunjang Kelancaran Angkutan Laut’, 6(1), pp. 66–75.
- Mustain, I., Hidayat, T. and Abdurohman (2019) ‘Metode Perawatan Sistem Pelumasan Untuk Menunjang Kinerja Motor Induk Di Atas Kapal KM. DJO Pada PT. DHARMA BAHARI RIAU’, Jurnal Sains Teknologi Transportasi Maritim, 1(1), pp. 19–26. doi:10.51578/j.sitektransmar.v1i1.9.
- Pil, I. (2018) Causes of Dynamic Positioning System Failures and Their Effect on DP Vessel Station Keeping.
- Polemis, D., Boviatsis, M. and Chatzinikolaou, S. (2023) ‘Assessing the Sustainability of the Most Prominent Type of Marine Diesel Engines under the Implementation of the EEXI and CII Regulations’, Clean Technologies, 5(3), pp. 1044–1066. doi:10.3390/cleantechnol5030053.
- Sarıalioğlu, S. et al. (2020) ‘A hybrid model for human-factor analysis of engine-room fires on ships: HFACS-PV&FFTA’, Ocean Engineering, 217(September). doi:10.1016/j.oceaneng.2020.107992.
- Sugiyono (2017) ‘Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi’, Metode Penelitian Kualitatif, p. 43.
- Suparman, S. and Aritonang, R.S. (2021) ‘Proses Bongkar Muatan Curah Cair Dari Kapal Mt.Sunrise Hope Di Pelabuhan Kabil Pada Pt.Pasada Artha Cargo Batam’, Journal of Maritime and Education (JME), 3(2), pp. 278–283. doi:10.54196/jme.v3i2.52.
- Wisely Ziliwu, B., Situmorang, A.J. and Rambung, R.A. (2021) ‘Perawatan dan Perbaikan Sistem Pendingin Mesin Induk pada Kapal Perikanan Repair and Maintenance of Main Engine Cooling System on Fishing Vessels’, February, 26(1), pp. 1–6.
- Yuristiawan, A., Arninputranto, W. and Budiyanto, E.N. (2018) ‘Penjadwalan Kegiatan Perawatan Mesin Induk Kapal Tunda KM Bima Dengan Menggunakan Metode RCM II’, Seminar K3, (2581), pp. 314–318. Available at: https://core.ac.uk/download/pdf/236670333.pdf.
- Zhu, S., Zhang, K. and Deng, K. (2020) ‘A review of waste heat recovery from the marine engine with highly efficient bottoming power cycles’, Renewable and Sustainable Energy Reviews, 120(x), p. 109611. doi:10.1016/j.rser.2019.109611.
- Ziliwu, B.W. et al. (2021) ‘Pengoperasian Dan Perawatan Sistem Pendingin Pada Mesin Induk Operation and Maintenance of Cooling System on Main Engine Km. Sido Mulyo Santoso Di PPN Siboga’, Aurelia Journal, 2(April), pp. 93–100.
- Ziliwu, B.W. and Tumpu, M. (2020) ‘Perawatan Sistem Pendingin’, Akselerator : Jurnal Sains Terapan dan Teknologi, 1(1), pp. 11–19.