Optimalisasi Kegiatan Fire Drill bagi Crew Kapal dalam Menjaga Keselamatan di Kapal KM. Jaya Elo 01

Abstract

Kebakaran merupakan salah satu resiko yang dapat terjadi kapan saja dan dimana saja dalam kegiatan pelayaran kapal laut. Tingginya tingkat resiko kebarakan maka diperlukan suatu sistem penanggulangan kebakaran dengan baik sehingga ketika terjadi keadaan darurat khususnya kebakaran di atas kapal diperlukan pengoptimalan dalam pelaksanaan fire drill. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan fire drill untuk meningkatkan keselamatan crew KM. Jaya Elo 01 dan bagaimana pemahaman para crew kapal dalam pelaksanaan fire drill. Pada karya ilmiah ini penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan sumber data primer dan sekunder. Proses dari teknik pengumpulan data tugas akhir ini dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa penerapan fire dirll dikapal KM. Jaya Elo 01 sesuai dengan peraturan SOLAS 1974. Maka, menurut penulis kurang optimal dan maksimal karena banyaknya jadwal fire dirll yang diganti ke safety metting

Keywords
  • Optimalisasi
  • Keselamatan
  • Fire Drill
How to Cite
Mahendra, H., Kurniawan, E., Nazarwin, N., & Imanto, F. . (2024). Optimalisasi Kegiatan Fire Drill bagi Crew Kapal dalam Menjaga Keselamatan di Kapal KM. Jaya Elo 01. Jurnal Cakrawala Bahari, 7(1), 38–43. https://doi.org/10.70031/jkb.v7i1.55
References
  1. Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
  2. Aulia Uyun Asalina, Suherman, & Sri Purwantini. (2018). Optimalisasi Pengetahuan Dan Keterampilan Abk Tentang Prosedur Penggunaan Alat-Alat Pemadam Kebakaran Di Kapal Mt. Pematang. Dinamika Bahari, 8(2), 1949–1959. https://doi.org/10.46484/db.v8i2.69
  3. Budianto, T., Alkharim, R., Sriantini, A., & Listriyawati, N. A. (2023). Efektivitas Alat Deteksi Kebakaran di MV. Meratus Waingapu. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan, 14(1), 42–47. https://doi.org/10.30649/japk.v14i1.102
  4. Fajar Gumelar, Heri Sutanto , Muh. Syafril Sunusi, I. K. H. P. A. (2023). Optimalisasi Kompetensi Awak Kapal Dalam Penerapan Keselamatan Kerja Di Kapal Latih Frans Kaisiepo. Jurnal Patria Bahari, 3(2), 16–21.
  5. Fazira Juhairi, A. N., Suhartini, S., & Tjahjono, E. B. (2022). Implementasi Pelatihan Keadaan Darurat Guna Meningkatkan Keselamatan Anak Buah Kapal Di MV.Urmila. Meteor STIP Marunda, 15(2), 333–359. https://doi.org/10.36101/msm.v15i2.245
  6. Hati, A. K., Setiono, B. A., & Purwiyanto, D. (2023). Analisis Prosedur Pelaksanaan Annual Servis Alat-Alat Keselamatan dan Alat Pemadam Kebakaran di Atas Kapal Sesuai Standar SOLAS. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan, 14(1), 81–93. https://doi.org/10.30649/japk.v14i1.105
  7. Indriyani Editor, Stantika, E. A., Rayendra, A., & Hartanto, D. R. (2023). Pemeliharaan Alat Keselamatan Kapal Liferaft dan Alat Pemadam Api Ringan Kapal TB. Rizaluta Patra 3202 oleh PT. Spectra Tirtasegara Line. Saintara : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Maritim, 7(2), 33–37. https://doi.org/10.52475/saintara.v7i2.228
  8. Kundori. (2020). Strategi Persiapan Pemeriksaan Annual Survey oleh Surveyor Biro Klasifikasi di Kamar Mesin Kapal. Majalah Ilmiah Gema Maritim, 22(1), 34–43. https://doi.org/10.37612/gema-maritim.v22i1.49
  9. Kurniawan, P., Hariyono, H., & Nofandi, F. (2020). Analisis Kinerja Alarm Kebakaran Untuk Keselamatan Diatas Kapal. Dinamika Bahari, 1(2), 98–103. https://doi.org/10.46484/db.v1i2.235
  10. Mindykowski, P. (2022). Fire-safe Distance Between Ro-Ro Space Openings and Life-saving Appliances. Kapal: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Kelautan, 19(2), 77–83. https://doi.org/10.14710/kapal.v19i2.44753
  11. Moleong, L. J. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
  12. Mudi, M., Djamaludin Malik, Wisnoe Widodo, & Syabania Baitul Rizky. (2023). Analisis Pengaruh Iklim Keselamatan terhadap Keselamatan Pelayaran pada Perusahaan Pelayaran Kapal Penumpang di Surabaya. Saintara : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Maritim, 7(2), 19–23. https://doi.org/10.52475/saintara.v7i2.226
  13. Mursidi, M. (2023). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keselamatan Pelayaran (Studi Pada KSOP Tanjung Emas Semarang). Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan, 14(1), 94–106. https://doi.org/10.30649/japk.v14i1.106
  14. Nursyamsu, Kustina, A., & Darojat, A. (2022). Pengaruh Olah Gerak MV. Sarana Lintas Utama saat memasuki Alur Pelayaran Dangkal dan Sempit. E-Journal Marine Inside, 4(July), 20–32. https://doi.org/10.56943/ejmi.v4i1.36
  15. Purwanto, Y., Iskandar, B. H., Imron, M., & Wiryawan, B. (2016). Aspek Keselamatan Ditinjau Dari Stabilitas Kapal Dan Regulasi Pada Kapal Pole And Line Di Bitung, Sulawesi Utara (Safety Aspects Pole and liner From Ship Stability and Regulation Point of View in Bitung, North Sulawesi). Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology and Management, 5(2), 181–191. https://doi.org/10.29244/jmf.5.2.181-191
  16. Setiyantara, Y., Ningrum Astriawati, Pertiwi, Y., Ade Chandra Kusuma, & Thomas Wahyu Bagaskoro. (2023). Optimalisasi Pengoperasian AIS (Automatic Identification System) Dalam Upaya Menjaga Keselamatan Pelayaran. Meteor STIP Marunda, 16(1), 1–6. https://doi.org/10.36101/msm.v16i1.268
  17. Sugiono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R& D (Cetakan Ke). CV. Alvabeta.
  18. Sutryani, H., Rikardo, D., & Galib, I. (2022). Optimalisasi Olah Gerak Kapal dalam Pelayaran menghadapi Cuaca Buruk di Kapal. E-Journal Marine Inside, 4(July), 55–64. https://doi.org/10.56943/ejmi.v4i1.39
  19. Tjahjono, E. B., Hernst Lontoh, P. Z., & Suhartini, S. (2022). Analisis Penanganan Pemuatan LNG Di Atas Kapal PGN FSRU Lampung Untuk Mencegah Kecelakaan Di Atas Kapal. Meteor STIP Marunda, 15(2), 368–375. https://doi.org/10.36101/msm.v15i2.248