Optimalisasi Kinerja Sea Water Service Pump di Kapal MV. Perkasa
-
Published: 30 June 2023
-
Page: 7-12
Abstract
Latar belakang yang mendasari penulisan penelitian ini adalah pentingnya perawatan Sea Water Service Pump untuk mengoptimalkan kinerja Sea Water Service Pump dikapal MV. PERKASA, dengan dasar pemikiran tersebut penulis memberikan rumusan masalah apa faktor penyebab kinerja Sea Water Service Pump tidak optimal, bagaimana cara mengatasi Sea Water Service Pump yang tidak optimal dan bagaimana sistem perawatan yang tepat pada Sea Water Service Pump. Data yang diperoleh adalah data yang dikumpulkan dari hasil observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah kurangnya perawatan pada sea water service pump yang diakibatkan oleh kurangnya penerapan PMS, Dampak dari kurang optimalnya perawatan Sea Water Service Pump adalah Kurangnya Tekanan Isap Pada Sea Water Service Pump, kotornya filter sea chest, menurunnya kinerja impller dan kebocoran pada bagian gland packingyang mengakibatkan sistem pendingin menjadi tidak sempurna. Upaya yang dilakukan adalah melakukan perawatan sesuai dengan PMS, Membersihkan filter suction pompa, Membersihkan saringan utama Sea chest, Membersihkan sudu sudu impeller dan mengganti gland packing yang bocor sesuai ketentuan dari pompa
- Sea Water Service Pump
- Kinerja di Kapal
- Optimalisasi Sea Water Service Pump
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Adnan, Supriatiningsih, T., Ludro Tamtomo, A., Fatya, I., & Hilmi Fakri, A. (2022). Analisa Kinerja Kompresor Udara dalam mendukung Kinerja Mesin Penggerak Utama Kapal. E-Journal Marine Inside, 1(1), 31–46. https://doi.org/10.56943/ejmi.v1i1.6
- Agus Hadi P., Suwiyadi, & Muhammad Reza Wardani. (2018). Manajemen Penanganan Muatan Reefer Container Di Mv. San Pedro Bridge. Dinamika Bahari, 8(2), 2093–2106. https://doi.org/10.46484/db.v8i2.78
- Basuki, M. (2023). MITIGASI RISIKO KEGAGALAN FUNGSI PERALATAN MESIN FRESH WATER GENERATOR DENGAN PENDEKATAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS ( FMEA ) di KAPAL NIAGA XYZ. 24(September), 1–10.
- Budianto, N. Y., Hartaya, H., & Susanto, J. D. (2022). Menurunnya Performa Turbocharger Dalam Menerima Beban Untuk Operasional Pada Kapal MT. SC ALIA XVII. Meteor STIP Marunda, 15(1), 165–173. https://doi.org/10.36101/msm.v15i1.228
- Dony A. N., Sumarno PS, & Fitri Kensiwi. (2017). Identifikasi Gangguan Katup Gas Buang Mesin Induk Di Mt. Martha Tender. Dinamika Bahari, 8(1), 1867–1885. https://doi.org/10.46484/db.v8i1.63
- Hendrawan, A., D, A. S., & Nasution, H. (2022). Beban Lebih Elektro Motor Pompa Ejektor Pada Fresh Water Generator di Atas Kapal Motor Penumpang Mutiara Ferindo II. Jurnal Maritim Polimarin, 8(1), 71–77.
- Hendrawan, A., Dwiono, A. S., & Pramono, S. (2022). Perilaku Temperatur Minyak Lumas Pada Kapal. Dinamika Bahari, 3(1), 52–59. https://doi.org/10.46484/db.v3i1.300
- Indriyani Editor, Stantika, E. A., Rayendra, A., & Hartanto, D. R. (2023). Pemeliharaan Alat Keselamatan Kapal Liferaft dan Alat Pemadam Api Ringan Kapal TB. Rizaluta Patra 3202 oleh PT. Spectra Tirtasegara Line. Saintara : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Maritim, 7(2), 33–37. https://doi.org/10.52475/saintara.v7i2.228
- Mindykowski, P. (2022). Fire-safe Distance Between Ro-Ro Space Openings and Life-saving Appliances. Kapal: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Kelautan, 19(2), 77–83. https://doi.org/10.14710/kapal.v19i2.44753
- Mustain, I. (2020). Penurunan Tekanan pada Pompa Air Laut pada Mesin Induk Kapal. Majalah Ilmiah Gema Maritim, 22(1), 27–33. https://doi.org/10.37612/gema-maritim.v22i1.48
- Nawawi, C. I., Nugroho, A. A., & Febrilianto, Y. (2022). Optimalisasi Kinerja Fresh Water Generator untuk meningkatkan Produksi Air Tawar di atas Kapal. 4(July).
- Purwanto, Y., Iskandar, B. H., Imron, M., & Wiryawan, B. (2016). ASPEK KESELAMATAN DITINJAU DARI STABILITAS KAPAL DAN REGULASI PADA KAPAL POLE AND LINE DI BITUNG, SULAWESI UTARA (Safety Aspects Pole and liner From Ship Stability and Regulation Point of View in Bitung, North Sulawesi). Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology and Management, 5(2), 181–191. https://doi.org/10.29244/jmf.5.2.181-191
- Setiyantara, Y., Ningrum Astriawati, Pertiwi, Y., Ade Chandra Kusuma, & Thomas Wahyu Bagaskoro. (2023). Optimalisasi Pengoperasian AIS (Automatic Identification System) Dalam Upaya Menjaga Keselamatan Pelayaran. Meteor STIP Marunda, 16(1), 1–6. https://doi.org/10.36101/msm.v16i1.268
- Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
- Sutryani, H., Rikardo, D., & Galib, I. (2022). Optimalisasi Olah Gerak Kapal dalam Pelayaran menghadapi Cuaca Buruk di Kapal. E-Journal Marine Inside, 4(July), 55–64. https://doi.org/10.56943/ejmi.v4i1.39
- Suwiyadi, Suherman, & Wibowo. (2018). Olah Gerak Kapal Mv. Bernhard Schulte Dalam Kondisi Lightship Saat Menghadapi Hurricane Matthew. Dinamika Bahari, 8(2), 2107–2118. https://doi.org/10.46484/db.v8i2.79
- Tjahjono, E. B., Hernst Lontoh, P. Z., & Suhartini, S. (2022). Analisis Penanganan Pemuatan LNG Di Atas Kapal PGN FSRU Lampung Untuk Mencegah Kecelakaan Di Atas Kapal. Meteor STIP Marunda, 15(2), 368–375. https://doi.org/10.36101/msm.v15i2.248
- Tona, T. (2022). Analisa Naiknya Temperatur Minyak Lumas Pada Mesin Induk Di Kapal Mt. Paluh Tabuan. Jurnal Venus, 10(1), 26–37. https://doi.org/10.48192/vns.v10i1.582
- Waris Wibowo, N. A., & Jamaluddin. (2021). Optimalisasi Perawatan Sistem Pendingin Tertutup Pada Mesin Diesel Tipe MAK 8M32 Pada KM LIT ENTERPRISE. Jurnal Polimesin, 19, 28–34.
- Wijaya, C. S., Sawitri Wulandari, R. R., & Mudakir, M. (2022). Optimalisasi Fuel Oil Purifier Guna Menunjang Pengoperasian Mesin Induk Di Atas Kapal MT. Ontari. Meteor STIP Marunda, 15(1), 196–201. https://doi.org/10.36101/msm.v15i1.232