Karya Ilmiah Terapan Optimalisasi Kinerja Injector Auxilery Engine di Kapal Mv Lintas Lorentz

Abstract

Injector adalah suatu alat yang di gunakan untuk mengabutkan bahan bakar ke dalam silinder pada saat yang tepat yaitu pada akhir Langkah kompresi. Agar pengabutan bahan bakar dapat mengabut dengan baik dan sempurna, maka harus selalu diadakan suatu perawatan dan perbaikan yang baik sesuai prosedur manual book sehingga pembakaran di dalam silender sempurna dan mesin induk dapat bekerja dengan baik. Metode yang di lakukan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu penelitian akan berisi kutipan-kutiapan data untuk memberi gambaran penyajian laporan, data tersebut berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, foto dokumen pribadi, catatan atau memo dan dokumen resmi lainnya. Hasil penelitian didapati Kotornya saringan bahan bakar, tersumbatnya nozzle, nozzle yang tersumbat akan menghambat keluarnya bahan bakar sehingga tekanan tidak sesuai manual book, dan pengabutan injektor kurang sempurna, pengabutan yang kurang sempurna akan berakibat pembakaran di ruang bakar kurang maksima

Keywords
  • Optimalisasi
  • Kinerja
  • Injector
  • Auxiliary engine
How to Cite
Jefrianto, M., Irwan, I., Kurniawan, E., & Kurniawan, M. (2024). Karya Ilmiah Terapan Optimalisasi Kinerja Injector Auxilery Engine di Kapal Mv Lintas Lorentz . Jurnal Cakrawala Bahari, 7(1), 10–15. https://doi.org/10.70031/jkb.v7i1.59
References
  1. Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
  2. Aulia Uyun Asalina, Suherman, & Sri Purwantini. (2018). Optimalisasi Pengetahuan Dan Keterampilan Abk Tentang Prosedur Penggunaan Alat-Alat Pemadam Kebakaran Di Kapal Mt. Pematang. Dinamika Bahari, 8(2), 1949–1959. https://doi.org/10.46484/db.v8i2.69
  3. Budianto, N. Y., Hartaya, H., & Susanto, J. D. (2022). Menurunnya Performa Turbocharger Dalam Menerima Beban Untuk Operasional Pada Kapal MT. SC ALIA XVII. Meteor STIP Marunda, 15(1), 165–173. https://doi.org/10.36101/msm.v15i1.228
  4. Dony A. N., Sumarno PS, & Fitri Kensiwi. (2017). Identifikasi Gangguan Katup Gas Buang Mesin Induk Di Mt. Martha Tender. Dinamika Bahari, 8(1), 1867–1885. https://doi.org/10.46484/db.v8i1.63
  5. Dwi Antoro, Sri Purwantini, & M. Arif Ikhsannudin. (2018). Analisis Peningkatan Dinas Jaga Di Daerah Rawan Guna Meningkatkan Keamanan Pada Kapal Mt. Sei Pakning. Dinamika Bahari, 8(2), 1960–1977. https://doi.org/10.46484/db.v8i2.70
  6. Fazira Juhairi, A. N., Suhartini, S., & Tjahjono, E. B. (2022). Implementasi Pelatihan Keadaan Darurat Guna Meningkatkan Keselamatan Anak Buah Kapal Di MV.Urmila. Meteor STIP Marunda, 15(2), 333–359. https://doi.org/10.36101/msm.v15i2.245
  7. Firdaus Sitepu. (2018). Peranan Nakhoda Dalam Memotivasi Semangat Kerja Kru Di Atas Kapal Kn. Bima Sakti. Dinamika Bahari, 8(2), 2119–2126. https://doi.org/10.46484/db.v8i2.80
  8. Firnanda, A.D.I, & Ndori, A. (2021). Terhambatnya Proses Hibob Jangkar Pada Mt. Eternal Ii. Majalah Ilmiah Gema Maritim, 23(2), 111–116. https://doi.org/10.37612/gema-maritim.v23i2.163
  9. Hartaya, Herawati, S., & Komar, S. (2021). Upaya Mengatasi Gangguan Sistem Pembilasan Guna Menunjang Kelancaran Pengoperasian Mesin Induk Di Kapal MV. Lumoso Harmoni. Meteor STIP Marunda, 14(2), 92–99. https://doi.org/10.36101/msm.v14i2.200
  10. Jufrizen, J., & Sitorus, T. S. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Dengan Disiplin Kerja Sebagai Variabel Intervening. SiNTESA: Seminar Nasional Teknologi Edukasi Dan Humaniora, 841–856.
  11. Moleong, L. J. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
  12. Mustain, I. (2020). Penurunan Tekanan pada Pompa Air Laut pada Mesin Induk Kapal. Majalah Ilmiah Gema Maritim, 22(1), 27–33. https://doi.org/10.37612/gema-maritim.v22i1.48
  13. Nugraha, I. M. A., Rasdam, R., & Rajab, R. A. (2021). Peningkatan Kegiatan Dinas Jaga Mesin pada Pengoperasian Mesin Penggerak Utama pada KM. Hasil Melimpah 18. Jurnal Sumberdaya Akuatik Indopasifik, 5(4), 439. https://doi.org/10.46252/jsai-fpik-unipa.2021.vol.5.no.4.179
  14. Polii, J. (2017). Pemodelan Penurunan Tekanan Brine di Dalam Pipa Injeksi pada Lapangan Panas Bumi Dieng. Jurnal MIPA, 6(2), 32. https://doi.org/10.35799/jm.6.2.2017.17332
  15. Purwanto, Y., Iskandar, B. H., Imron, M., & Wiryawan, B. (2016). ASPEK KESELAMATAN DITINJAU DARI STABILITAS KAPAL DAN REGULASI PADA KAPAL POLE AND LINE DI BITUNG, SULAWESI UTARA (Safety Aspects Pole and liner From Ship Stability and Regulation Point of View in Bitung, North Sulawesi). Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology and Management, 5(2), 181–191. https://doi.org/10.29244/jmf.5.2.181-191
  16. Putranto, W. A., Khaeroman, K., Susanto, S., & Suharso, A. R. (2023). Simulasi dan Eksperimen Pengaruh Variasi Tekanan Injeksi Bahan Bakar Diesel Liquid pada Mesin Induk Kapal Terhadap Karakteristik Semprotan Injektor. Jurnal Ilmiah Momentum, 19(1), 1. https://doi.org/10.36499/jim.v19i1.8296
  17. Sugiono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R& D (Cetakan Ke). CV. Alvabeta.
  18. Sutryani, H., Dewi, A. K., & Wibowo, I. R. (2021). Penggunaan Peralatan Navigasi untuk Menghindari Terjadinya Kecelakaan Kapal. E-Journal Marine Inside, 3(July), 44–51. https://doi.org/10.56943/ejmi.v3i1.28
  19. Waris Wibowo, N. A., & Jamaluddin. (2021). Optimalisasi Perawatan Sistem Pendingin Tertutup Pada Mesin Diesel Tipe MAK 8M32 Pada KM LIT ENTERPRISE. Jurnal Polimesin, 19, 28–34.
  20. Wijaya, C. S., Sawitri Wulandari, R. R., & Mudakir, M. (2022). Optimalisasi Fuel Oil Purifier Guna Menunjang Pengoperasian Mesin Induk Di Atas Kapal MT. Ontari. Meteor STIP Marunda, 15(1), 196–201. https://doi.org/10.36101/msm.v15i1.232