Pengaruh penerapan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar taruna
-
Published: 14 May 2021
-
Page: 1-8
Abstract
Penelitian ini berawal dari rendahnya nilai taruna pada mata kuliah Kepabeanan dilihat dari nilai kemampuan awal taruna pada materi sebelumnya. Pembelajaran masih menggunakan metode konvensional ceramah dan hanya terfokus pada pengajar dalam pembelajaran, sehingga perlu diterapkan metode yang lebih bervariasi agar taruna lebih aktif dalam proses perkuliahan. Tujuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan inovasi dalam pembelajaran yang akan dilaksanakan nantinya adalah pembelajaran Tutor Sebaya. Hasil penelilitan ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar taruna ditinjau dari kemampuan awal saat belajar dengan menggunakan metode tutor sebaya. Selanjutnya, terdapat interaksi hasil belajar metode belajar tutor sebaya dan kemampuan awal taruna pada pembelajaran Kepabeanan. Jadi, penerapan Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar taruna pada mata kuliah Kepabeanan.
- Penerapan metode tutor
- Hasil belajar
- Azhar Arsyad, 1985. Program Pengajaran Tutorial. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
- Dimyati, Mudjiono, 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
- Ischak dan Wajri, Program Remedial dalam Proses Belajar Mengajar, (1987), hlm.44.
- Nur, Mohamad, 2011. Model Pembelajaran Langsung. Surabaya: Pusat Sains dan MatemaKepabeanana Sekolah UNESA.
- Republik Indonesia. 2005. Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang pengajar dan Dosen. Sekretariat Negara. Jakarta
- Sugiyono, 2013. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.
- Taswadi, 2012. “Metode Pembelajaran Tutorial Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Menggunakan Komputer dalam Mata Kuliah Komputer dan Media Pembelajaran”.Laporan Penelitian. Bandung: Pascasarjana S-3 UPI.
- Tim Penyusun, 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
- WS. Winkel, 1996. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Paramita