Analisis Penyebab Jangkar Larat di KM. Kendhaga Nusantara 4 Saat Berlabuh
-
Published: 30 June 2023
-
Page: 19-24
Abstract
Kegiatan berlabuh jangkar para awak harus tetap dalam kondisi siap siaga. Agar tidak terjadi lagi kecelakaan seperti jangkar larat tersebut dan juga untuk mengetahui apa saja penyebab dari jangkar larat saat berlabuh Pada tanggal 18 November 2022 saat KM. Kendhaga Nusantara 04 sedang berlabuh jangkar di anchorage area Makassar, kapal mengalami jangkar larat yang mengakibatkan kapal hampir kandas menabrak break water. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya jangkar larat pada KM. Kendhaga Nusantara 04 sehingga kegiatan berlabuh jangkar dapat dilaksanakan dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Proses dan prespektif subyek lebih ditonjolkan dalam penelitian ini. Hasil penilitian menunjukan bahwa faktor yang menyebabkan jangkar larat di KM. Kendhaga Nusantara 04 adalah kurangnya kesadaran crew terhadap pentingnya proses berlabuh jangkar, pemilihan tempat berlabuh yang kurang tepat dan juga pelaksanaan proses berlabuh jangkar yang kurang tepat sesuai prosedur, kurangnya pengecekan serta perawatan terhadap peralatan berlabuh seperti jangkar, rantai jangkar, dan juga windlass.
- Jangkar larat
- Berlabuh Jangkar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Agus Hadi P., Suwiyadi, & Muhammad Reza Wardani. (2018). Manajemen Penanganan Muatan Reefer Container Di Mv. San Pedro Bridge. Dinamika Bahari, 8(2), 2093–2106. https://doi.org/10.46484/db.v8i2.78
- Eko Murdiyanto, Agus Subardi, & I Made Suryadana. (2018). Faktor Penghambat Pelaksanaan Olah Gerak Beaching Di Kapal Lct. Adinda Diza. Dinamika Bahari, 8(2), 2077–2092. https://doi.org/10.46484/db.v8i2.77
- Firdaus Sitepu. (2018). Peranan Nakhoda Dalam Memotivasi Semangat Kerja Kru Di Atas Kapal Kn. Bima Sakti. Dinamika Bahari, 8(2), 2119–2126. https://doi.org/10.46484/db.v8i2.80
- Firnanda, A.D.I, & Ndori, A. (2021). Terhambatnya Proses Hibob Jangkar Pada Mt. Eternal Ii. Majalah Ilmiah Gema Maritim, 23(2), 111–116. https://doi.org/10.37612/gema-maritim.v23i2.163
- Handoko, R., & Suhalis, A. (2021). Kesiapan Kapal Menghadapi Kondisi Darurat. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTRANSLOG), 7(3), 270. https://doi.org/10.54324/j.mtl.v7i3.416
- Harahap, R. G., Kelautan, T., Joang, K., Balikpapan, K., & Timur, K. (2022). Identifikasi Human Failure Pada Kasus Tubrukan Kapal Menggunakan Analytical Hierarchy Process ( Ahp ). 12(1), 54–59.
- Nursyamsu, Kustina, A., & Darojat, A. (2022). Pengaruh Olah Gerak MV. Sarana Lintas Utama saat memasuki Alur Pelayaran Dangkal dan Sempit. E-Journal Marine Inside, 4(July), 20–32. https://doi.org/10.56943/ejmi.v4i1.36
- Priyangga Aji Nugroho, Moh. Aziz Rohman, & Nur Rohmah. (2019). Terlepasnya Jangkar Kiri Pada Saat Berlabuh Jangkar Di Anchorage Area Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap. Dinamika Bahari, 9(2), 2359–2375. https://doi.org/10.46484/db.v9i2.102
- Purwanto, A. H. (2018). Mengolah Gerak Kapal (P. I. P. Semarang (ed.)).
- Purwanto, Y., Iskandar, B. H., Imron, M., & Wiryawan, B. (2016). Aspek Keselamatan Ditinjau Dari Stabilitas Kapal Dan Regulasi Pada Kapal Pole And Line Di Bitung, Sulawesi Utara (Safety Aspects Pole and liner From Ship Stability and Regulation Point of View in Bitung, North Sulawesi). Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology and Management, 5(2), 181–191. https://doi.org/10.29244/jmf.5.2.181-191
- Riduan, A. &. (2019). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. alfabeta.
- Saputra, L. I., Budiarto, U., & Jokosisworo, S. (2017). Analisa Kekuatan Struktur End Shackle Rantai Jangkar Akibat Adanya Beban Lingkungan pada Kapal Perintis 1200 GT. Teknik Perkapalan, 5(2), 421–430.
- Sjefuddin. (2018). Olah Gerak dan Pengendalian Kapal. Buku Maritim Djangkar.
- Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif. alfabeta.
- Sugiono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R& D (Cetakan Ke). CV. Alvabeta.
- Sutryani, H., Dewi, A. K., & Wibowo, I. R. (2021). Penggunaan Peralatan Navigasi untuk Menghindari Terjadinya Kecelakaan Kapal. E-Journal Marine Inside, 3(July), 44–51. https://doi.org/10.56943/ejmi.v3i1.28
- Suwiyadi, Suherman, & Wibowo. (2018). Olah Gerak Kapal Mv. Bernhard Schulte Dalam Kondisi Lightship Saat Menghadapi Hurricane Matthew. Dinamika Bahari, 8(2), 2107–2118. https://doi.org/10.46484/db.v8i2.79
- Vega F. Andromeda, & Danang Wahyu Pratama. (2018). Penanganan Bongkar Muat Dengan Crane Kapal Di Mv. Oriental Jade. Dinamika Bahari, 8(2), 2011–2028. https://doi.org/10.46484/db.v8i2.73
- Wardono, & Vega Fonsula Andromeda. (2018). Keadaan Darurat Pada Saat Olah Gerak Memasuki Alur Pelayaran Sempit Sungai Kapuas Di Mt. Anggraini Excellent. Dinamika Bahari, 9(1), 2243–2258. https://doi.org/10.46484/db.v9i1.91
- Widiatmaja, A., & Septianto, A. (2022). Pentingnya Pemeliharaan Rantai Jangkar Di Mt. Griya Flores. Kalao’S Maritime Journal, 3(1), 31–45.