Strategi coping dalam menghadapi stres pada taruna/i penyusun karya tulis akhir

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya taruna/i yang merasa stres untuk menyusun karya tulis akhir. Oleh karena itu perlu ditinjau hal apa saja yang menjadi sumber stres taruna/i dalam menyusun karya tulis akhir. Selain itu, perlu diketahui strategi coping seperti apa yang digunakan oleh taruna/i tersebut untuk mengantisipasi sumber stres mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi sumber stres yang dialami taruna/i angkatan III dalam menyusun karya tulis akhir dan mengidentifikasi strategi coping yang digunakan oleh taruna/i dalam menghadapi sumber stres mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 2 sumber stres yang dominan yang dialami oleh sebagian besar taruna/i yaitu krisis keadaan mendadak (34,2%) dan perkembangan kepribadian (33,3%). Selanjutnya, taruna/i menggunakan 3 jenis strategi coping dalam mengatasi stres, yaitu problem-focused coping (PFC) 42,5%, emotion-focused coping (EFC) 50% dan pshyshology-based coping (PBC) 43,18%. Dari ketiga macam strategi coping tersebut, yang paling banyak digunakan oleh taruna/i dalam mengatasi sumber stres adalah emotion-focused coping (EFC).

Keywords
  • Strategi coping
  • Stres
  • Karya tulis akhir
How to Cite
Ridwan, M. E., Mashartanto, A. A., & Siska, S. Y. (2021). Strategi coping dalam menghadapi stres pada taruna/i penyusun karya tulis akhir. Jurnal Cakrawala Bahari, 4(1), 23–30. https://doi.org/10.70031/jkb.v4i1.28
References
  1. Amir, M. Taufiq. 2015. Merancang Kuesioner: Konsep dan Panduan untuk Penelitian Sikap, Kepribadian & Perilaku. Jakarta: Kencana (Divisi dari Prenadamedia Group).
  2. Anggraeni, Reni. 2012. Stres dan Coping dalam Penyusunan Karya Tulis Ilmiah pada Mahasiswa Program Studi DIII Kebidanan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta. Yogyakarta: STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta.
  3. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
  4. Brink, Pamela J. & Wood, Marilynn J. 2000. Langkah Dasar dalam Perencanaan Riset Keperawatan (Edisi 4). Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
  5. Hendriani, Wiwin. 2018. Resiliensi Psikologis: Sebuah Pengantar. Jakarta Timur: Prenadamedia Group (Divisi Kencana).
  6. Hernawati, Neti. 2006. Tingkat Stres dan Strategi Koping Menghadapi Stres pada Mahasiswa Tingkat Persiapan Bersama Tahun Akademik 2005/2006. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
  7. Iqramah, Nauratul, Nurhasanah, Nurbaity. 2018. Strategi Coping (Problem Focused Coping dan Emotion Focused Coping) dalam Menghadapi Stres pada Mahasiswa Penyusun Skripsi FKIP Universitas Syiah Kuala. Aceh: Universitas Syiah Kuala.
  8. Irianto, Agus. 2004. Statistik, Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
  9. Olivia, Stella. 2015. Deteksi Dini Psikologi Balita hingga Manula. Jakarta: PT Gramedia.
  10. Rajab, Wahyudin, Fratidhina, Yudhia & Fauziah. 2018. Konsep Dasar Keterampilan Kebidanan. Malang: Wineka Media.
  11. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
  12. Sunaryo. 2004. Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
  13. Triningtyas, Diana Ariswanti & Muhayati, Siti. 2018. Mengenal Lebih Dekat tentang Lanjut Usia. Magetan: CV. AE Media Grafika.
  14. Widyastuti, Palupi & Yulianti, Devi. 1999. Manajemen Stres. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
  15. Wijayanti, Nindya. 2008. Strategi Coping Menghadapi Stres dalam Penyusunan Tugas Akhir Skripsi pada Mahasiswa Program S1 Fakultas Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.