Analisis Terjadinya Penurunan Tekanan Minyak Lumas pada Mesin Induk di MT Pribumi
-
Published: 31 December 2023
-
Page: 45-50
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dari sarana angkutan laut sangat dibutuhkan. Kapal laut merupakan salah satu sarana angkutan laut yang ekonomis, karena volume untuk memuat barang yang diangkut lebih besar. Sistem pelumasan pada mesin induk merupakan salah satu sistem yang mempunyai peranan penting pada saat mesin induk beroperasi untuk menjaga kondisi dan bagian-bagian mesin yang bergerak yang memerlukan pelumasan secara maksimal. Tujuan penelitian untuk mengetahui penyebab menurunnya tekanan minyak lumas pada mesin induk, Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil kerja yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak bekerjanya pompa secara maksimal dan tersumbatnya saringan minyak lumas yang mengakibatkan menurunnya tekanan minyak lumas. Turunnya tekanan minyak pelumas pada kapal berpengaruh besar pada kerja mesin induk.
- Tekanan
- Minyak Lumas
- Mesin Induk

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Adnan, Supriatiningsih, T., Ludro Tamtomo, A., Fatya, I., & Hilmi Fakri, A. (2022). Analisa Kinerja Kompresor Udara dalam mendukung Kinerja Mesin Penggerak Utama Kapal. E-Journal Marine Inside, 1(1), 31–46. https://doi.org/10.56943/ejmi.v1i1.6
- Agus Hadi P., Suwiyadi, & Muhammad Reza Wardani. (2018). Manajemen Penanganan Muatan Reefer Container Di Mv. San Pedro Bridge. Dinamika Bahari, 8(2), 2093–2106. https://doi.org/10.46484/db.v8i2.78
- Dwi Antoro, Sri Purwantini, & M. Arif Ikhsannudin. (2018). Analisis Peningkatan Dinas Jaga Di Daerah Rawan Guna Meningkatkan Keamanan Pada Kapal Mt. Sei Pakning. Dinamika Bahari, 8(2), 1960–1977. https://doi.org/10.46484/db.v8i2.70
- Eko Murdiyanto, Agus Subardi, & I Made Suryadana. (2018). Faktor Penghambat Pelaksanaan Olah Gerak Beaching Di Kapal Lct. Adinda Diza. Dinamika Bahari, 8(2), 2077–2092. https://doi.org/10.46484/db.v8i2.77
- Fibria, M., R, C. Y., & Hanifuddin, M. (2022). Analisis Tingkat Penguapan pada Minyak Lumas Transmisi. Lembaran Publikasi Minyak Dan Gas Bumi, 45(1), 61–64. https://doi.org/10.29017/lpmgb.45.1.683
- Firnanda, A.D.I, & Ndori, A. (2021). Terhambatnya Proses Hibob Jangkar Pada Mt. Eternal Ii. Majalah Ilmiah Gema Maritim, 23(2), 111–116. https://doi.org/10.37612/gema-maritim.v23i2.163
- Handoko, R., & Suhalis, A. (2021). Kesiapan Kapal Menghadapi Kondisi Darurat. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTRANSLOG), 7(3), 270. https://doi.org/10.54324/j.mtl.v7i3.416
- Hartaya, Herawati, S., & Komar, S. (2021). Upaya Mengatasi Gangguan Sistem Pembilasan Guna Menunjang Kelancaran Pengoperasian Mesin Induk Di Kapal MV. Lumoso Harmoni. Meteor STIP Marunda, 14(2), 92–99. https://doi.org/10.36101/msm.v14i2.200
- Ilmiah, M., & Maritim, G. (2022). Optimalisasi Penerapan Isps Code Berdasarkan Tingkat. Politeknik Bumi Akpelni Semarang, 24(1), 1–7. www.e-journal.akpelni.ac.id,
- Induk, M. (2017). 20 “GEMA MARITIM” Vol 19 No. 1 Februari 2017. 19(1), 20–27.
- Karina, R. M., & Yuliani, C. (2022). Kompatibilitas Campuran Minyak Lumas Dasar Jenis Mineral dengan Minyak Nabati sebagai Minyak Lumas Dasar Pelumas Mesin Kendaraan Bermotor. Lembaran Publikasi Minyak Dan Gas Bumi, 44(3), 299–306. https://doi.org/10.29017/lpmgb.44.3.172
- Marsudi, S. (2022). Pengaruh Performa Turbocharger Terhadap Kinerja Mesin Induk Di MT. Green Park. Zona Laut Jurnal Inovasi Sains Dan Teknologi Kelautan, 3(2), 25–29. https://doi.org/10.62012/zl.v3i2.22074
- Mustain, I. (2020). Penurunan Tekanan pada Pompa Air Laut pada Mesin Induk Kapal. Majalah Ilmiah Gema Maritim, 22(1), 27–33. https://doi.org/10.37612/gema-maritim.v22i1.48
- Polii, J. (2017). Pemodelan Penurunan Tekanan Brine di Dalam Pipa Injeksi pada Lapangan Panas Bumi Dieng. Jurnal MIPA, 6(2), 32. https://doi.org/10.35799/jm.6.2.2017.17332
- Riduan, A. &. (2019). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. alfabeta.
- Setiyantara, Y., Ningrum Astriawati, Pertiwi, Y., Ade Chandra Kusuma, & Thomas Wahyu Bagaskoro. (2023). Optimalisasi Pengoperasian AIS (Automatic Identification System) Dalam Upaya Menjaga Keselamatan Pelayaran. Meteor STIP Marunda, 16(1), 1–6. https://doi.org/10.36101/msm.v16i1.268
- Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif. alfabeta.
- Sugiono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R& D (Cetakan Ke). CV. Alvabeta.
- Tidar, K. M. (2022). Analisis Menurunnya Tekanan Minyak Lumas pada Mesin Diesel. E-Journal Marine Inside, 4(December).
- Tjahjono, E. B., Hernst Lontoh, P. Z., & Suhartini, S. (2022). Analisis Penanganan Pemuatan LNG Di Atas Kapal PGN FSRU Lampung Untuk Mencegah Kecelakaan Di Atas Kapal. Meteor STIP Marunda, 15(2), 368–375. https://doi.org/10.36101/msm.v15i2.248
- Tona, T. (2022). Analisa Naiknya Temperatur Minyak Lumas Pada Mesin Induk Di Kapal Mt. Paluh Tabuan. Jurnal Venus, 10(1), 26–37. https://doi.org/10.48192/vns.v10i1.582
- Waris Wibowo, N. A., & Jamaluddin. (2021). Optimalisasi Perawatan Sistem Pendingin Tertutup Pada Mesin Diesel Tipe MAK 8M32 Pada KM LIT ENTERPRISE. Jurnal Polimesin, 19, 28–34.
- Wijaya, C. S., Sawitri Wulandari, R. R., & Mudakir, M. (2022). Optimalisasi Fuel Oil Purifier Guna Menunjang Pengoperasian Mesin Induk Di Atas Kapal MT. Ontari. Meteor STIP Marunda, 15(1), 196–201. https://doi.org/10.36101/msm.v15i1.232