Optimalisasi Mekanisme pada Lifeboat dalam Menanggulangi Kegagalan Launching di KM. Kaltim Express22
-
Published: 23 July 2024
-
Page: 44-48
Abstract
Dalam perkembangannya industri transportasi laut yang pesat tidak terlepas dari resiko kecelakaan kerja yang cukup tinggi. Timbulnya kasus kecelakaan yang terjadi di atas kapal disebabkan karena kesalahan dan kelalaian manusianya serta minimnya pelatihan keselamatan, selebihnya disebabkan oleh faktor alam dan faktor faktor lainnya. Penelitian tersebut di lakukan bertujuan untuk mengetahui penghambat saat menurunkan sekoci serta cara yang tepat agar awak kapal dapat menurunkan sekoci penolong dengan optimal. Penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah di atas kapal KM. Kaltim Express22. Teknik Pengumpulan data adalah menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis adalah ada beberapa kendala yang dihadapi awak kapal dalam latihan menurunkan sekoci penolong yaitu kurangnya perawatan dan ketidaksiapan awak kapal dalam latihan, serta anggapan hanya sekedar latihan membuat respon dalam tugas-tugas penurunan sekoci kurang diperhatikan.
- optimalisasi
- kegagalan launching
- mekanisme lifeboat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Ar, H. M. T. (2015). Manajemen Keselamatan Maritim Dan Upaya Pencegahan Kecelakaan Kapal Ke Titik Nol (Zero Accident), (https://adoc.tips/manajemen-keselamatan-maritim-dan- upayapencegahan-kecelakaa.html). Diakses pada tanggal 24 Juni 2020
- Arrafi, M. A., Syifa Fajar Maulani, Fikodias Gilang Prabowo, Lamanda Putri, Nurul Haqi Abdurroqib, & Zharfany Putri Mila Julianto. (2023). Penerapan International Safety Management (ISM CODE) Pada PT AKR Sea Transport. Jurnal Sains Teknologi Transportasi Maritim, 5(2), 77–89. https://doi.org/10.51578/j.sitektransmar.v5i2.69
- Hardiyati, V. (2015) Keterampilan Dan Pengetahuan Dalam Merawat Alat Keselamatan Crew Di Atas Kapal
- Hendrawan, T. N., & Fitrian, A. (2023). Perlindungan Hukum Hak Awak Kapal Dalam Pelaksanaan Perjanjian Kerja Laut. Jurnal Penelitian 17(1), 8–16. Retrieved from http://ejournal.jayabaya.ac.id/index.php/Hukum_Legalitas/article/view/261
- Nurdin. I & Hartati. S (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Media Sahabat Cendikia.
- Patayang, M & Lia, R. (2015). Penerapan Elemen ISM Code Untuk menunjang Keselamatan Pelayaran Pada Kapal KM. PEntrakor. Politeknik Negeri Samarinda.
- Satori, D & Komariah, A. (2017). Metodologi Penlitian Kualitatif. Alfabeta.
- Situmorang. S. H (2010). Analisis Data Untuk Riset Manajemen dan Bisnis. Medan: USU Press.
- Utami S. P. (2009). Mengoptimalkan Keterampilan Awakkapal Dalam Latihan Sekoci Penolong Sesuai SOLAS.
- Sugiyono. (2018). Metode Penelitian (Kuantitafif, Kualitatif dan R & D). Alfabeta.
- Sumaryanto. (2013). Konsep Dasar Kapal. Kementrian Pendidikan & Kebudayaan.
- Republik Indonesia. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran. https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2008/17TAHUN2008UU.htm
- Wheatons, P. (2014). SOLAS Consolidated Edition 2014. London: IMO