Analisis Menurunnya Tekanan Pompa Ballast di Kapal Mutiara Ferindo II
-
Published: 1 May 2023
-
Page: 69-75
Abstract
Selama kapal berlayar atau sedang melaksanakan kegiatan bongkar muat, harus mampu menjaga stabilitas kapal. Stabilitas kapal disebabkan oleh adanya air ballast, dimana air ballast ini disimpan di tangki ballast. System ballast adalah suatu system yang menjaga keseimbangan kapal. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini memiliki beberapa rumusan masalah yaitu faktor yang menyebabkan turunya tekanan pompa ballast, dampak dari faktor menurunnya tekanan pompa ballast dan upaya untuk mencegah terjadinya tekanan pompa ballast yang menurun. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian tersebut, didapat simpulan bahwa faktor yang menyebabkan turunnya tekanan pompa ballast pada kapal yaitu kebocoran pada packing, filter sea chest kotor dan logam zinc anode pompa habis. Dampak dari faktor menurunnya tekanan pompa ballast yaitu terganggunya pengoperasian ballast pada kapal, kavitasi pada pompa, dan keroposnya casing pompa. Upaya yang dilakukan untuk mencegah penurunan tekanan pompa ballast yaitu melakukan pergantian parts-parts dan packing pompa, pembersihan filter sea chest dan pergantian pada logam zinc anode pompa.
- Pompa Ballast
- Stabilitas Kapal
- Tekanan Pompa
- Kapal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Dendy dan Sugono. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta:Kamus Pusat Bahasa diakses pada tanggal 26 Juni 2022.
- Firdaus Sitepu. (2018). Peranan Nakhoda Dalam Memotivasi Semangat Kerja Kru Di Atas Kapal Kn.
- Bima Sakti. Dinamika Bahari, 8(2), 2119–2126. https://doi.org/10.46484/db.v8i2.80
- Handoko, R., & Suhalis, A. (2021). Kesiapan Kapal Menghadapi Kondisi Darurat. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTRANSLOG), 7(3), 270. https://doi.org/10.54324/j.mtl.v7i3.416
- Kurniawan, D. (2017). Stabilitas Kapal. http://dosenkapal.com/2017/12/stabilitas- kapal/ Jakarta : diakses pada 28 Januari 2023.
- Metode Penelitian Kualitatif. https://raharja.ac.id/2020/10/29/penelitian-kualitatif/ Diakses pada tanggal 1 Juli 2022.
- Mikel, G. (2015). Analisis Data Kualitatif ,Jakarta:UI-Pres diakses pada tanggal 28 Juni 2022.
- Nursyamsu, Kustina, A., & Darojat, A. (2022). Pengaruh Olah Gerak MV. Sarana Lintas Utama saat memasuki Alur Pelayaran Dangkal dan Sempit. E-Journal Marine Inside, 4(July), 20–32. https://doi.org/10.56943/ejmi.v4i1.36
- Paresh G & Octo Monis. (2014). Practical Centrifugal Pumps Desaign,Operation and Mantenance, Netherlands diakses pada tanggal 25 Juni 2022.
- Pratama, K. (2018). Optimalisasi Perawatan Pompa Ballast Guna Kelancaran Pengisian Tangki Ballast Pada MT. MEDELIN TOTAL. , PIP SEMARANG. http://repository.pip-semarang.ac.id/522/ Diakses pada tanggal 26 Juni 2022.
- Samuel, K. (2014) Sistem Pompa Ballast Pada Kapal https://pdfcoffee.com/pompa-ballast-kapal-pdf-free.html Diakses pada taggal 10 Juni 2022.
- Sarifudin. (2018), Pengaruh Kerusakan Ball Bearing Terhadap Pompa Ballast DI MV.DK 02.PIP SEMARANG. http://repository.pip-semarang.ac.id/764/ Dikases pada tanggal 18 Juni 2022.
- Setiawan, R. (2019). Prosedur Perawatan dan Perbaikan Pompa Ballast di KN.SUAR 11 Distrik Navigasi Kelas II Semarang, http://repository.unimar-amni.ac.id/1837/ Dikases pada tanggal 26 Juni 2022.
- Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
- Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta . Wiharyanto, U. (2018). Pompa . PT. Pertamina Shipping Jakarta.