Optimalisasi Perawatan Intercooler Diesel Engine pada Kapal Spob Tirta Samudera XIX

Authors

  • Anggan deska Putra Teknologi Nautika, Politeknik Pelayaran Sumatera Barat
  • Wibisana Pranata Teknologi Nautika, Politeknik Pelayaran Sumatera Barat
  • , Syafni Yelvi Siska Teknologi Nautika, Politeknik Pelayaran Sumatera Barat
  • Dedy Kurniadi Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh

DOI:

https://doi.org/10.70031/jkb.v6i2.49

Keywords:

Mesin Penggerak Utama, Intercooler, Planed Maintanance System

Abstract

Optimalisasi Intercooler jika tidak dilakukannya perawatan yaitu mengakibatkan naiknya suhu pada diesel engine dan kinerja intercooler tidak bisa bekerja dengan optimal maka diperlukannya perawatan secara berkala pada intercooler. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan dari hasil observasi dimana peneliti mengamati langsung objek penelitian, peneliti mengambil gambar menggunakan kamera sebagai alat pendukung, dan wawancara dimana peneliti mengajukan pertanyaan ke responden, dan jawaban responden sebagai salah satu sumber informasi. Sumber data yang peneliti gunakan yaitu logbook dan manual book tentang PMS (planning maintenance system) pada diesel engine yang ada di atas kapal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab tidak optimalnya Intercooler adalah tersumbatnya pipa pendingin Intercooler, kotornya fins Intercooler, rusaknya packing body Intercooler. Sedangkan upaya perawatan yang dilakukan adalah melakukan pembersihan pipa pendingin Intercooler menggunakan rotan, melakukan pembersihan pada fins Intercooler menggunakan chemical, melakukan penggantian packing rusak dengan yang baru dengan itu peneliti mengambil kesimpulan bahwasanya pentingnya perawatan yang harus dilakukan pada mesin bantu intercooler agar intercooler dapat bekerja secara optimal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnan, Supriatiningsih, T., Ludro Tamtomo, A., Fatya, I., & Hilmi Fakri, A. (2022). Analisa Kinerja Kompresor Udara dalam mendukung Kinerja Mesin Penggerak Utama Kapal. E-Journal Marine Inside, 1(1), 31–46. https://doi.org/10.56943/ejmi.v1i1.6

Agus Hadi P., Suwiyadi, & Muhammad Reza Wardani. (2018). Manajemen Penanganan Muatan Reefer Container Di Mv. San Pedro Bridge. Dinamika Bahari, 8(2), 2093–2106. https://doi.org/10.46484/db.v8i2.78

Alde Nugraha Panderaja Sijabat, M. R. (2022). Analisis Turunnya Kinerja Generator Utama Dual Fuel Diesel Electric Pada LNG/C Tangguh Palung LNG/C Tangguh Palung. METEOR STIP MARUNDA, 15(01), 80–90.

Budianto, N. Y., Hartaya, H., & Susanto, J. D. (2022). Menurunnya Performa Turbocharger Dalam Menerima Beban Untuk Operasional Pada Kapal MT. SC ALIA XVII. Meteor STIP Marunda, 15(1), 165–173. https://doi.org/10.36101/msm.v15i1.228

Etika, O. :, Hidayat, A., Hascaryo Iskandar, B., Purwangka, F., & Soeboer, D. A. (2019). POLA PENGGUNAAN PELUMAS PADA MESIN KAPAL NELAYAN DI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) KOTA KENDARI Lubricant Using Pattern on Fishing Boat Engines in Kendari Fish Landing Base (PPI). Pola Penggunaan Pelumas Pada Mesin Kapal Nelayan Di Pangkalan Pendaratan Ikan (Ppi) Kota Kendari, Volume 3,(2549–1326), 85–93.

Firdaus Sitepu. (2018). Peranan Nakhoda Dalam Memotivasi Semangat Kerja Kru Di Atas Kapal Kn. Bima Sakti. Dinamika Bahari, 8(2), 2119–2126. https://doi.org/10.46484/db.v8i2.80

Handoko, R., & Suhalis, A. (2021). Kesiapan Kapal Menghadapi Kondisi Darurat. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTRANSLOG), 7(3), 270. https://doi.org/10.54324/j.mtl.v7i3.416

Hartaya, Herawati, S., & Komar, S. (2021). Upaya Mengatasi Gangguan Sistem Pembilasan Guna Menunjang Kelancaran Pengoperasian Mesin Induk Di Kapal MV. Lumoso Harmoni. Meteor STIP Marunda, 14(2), 92–99. https://doi.org/10.36101/msm.v14i2.200

Kundori. (2020). Strategi Persiapan Pemeriksaan Annual Survey oleh Surveyor Biro Klasifikasi di Kamar Mesin Kapal. Majalah Ilmiah Gema Maritim, 22(1), 34–43. https://doi.org/10.37612/gema-maritim.v22i1.49

Mustain, I. (2020). Penurunan Tekanan pada Pompa Air Laut pada Mesin Induk Kapal. Majalah Ilmiah Gema Maritim, 22(1), 27–33. https://doi.org/10.37612/gema-maritim.v22i1.48

Nugraha, I. M. A., Rasdam, R., & Rajab, R. A. (2021). Peningkatan Kegiatan Dinas Jaga Mesin pada Pengoperasian Mesin Penggerak Utama pada KM. Hasil Melimpah 18. Jurnal Sumberdaya Akuatik Indopasifik, 5(4), 439. https://doi.org/10.46252/jsai-fpik-unipa.2021.vol.5.no.4.179

Nursyamsu, Kustina, A., & Darojat, A. (2022). Pengaruh Olah Gerak MV. Sarana Lintas Utama saat memasuki Alur Pelayaran Dangkal dan Sempit. E-Journal Marine Inside, 4(July), 20–32. https://doi.org/10.56943/ejmi.v4i1.36

Purwanto, Y., Iskandar, B. H., Imron, M., & Wiryawan, B. (2016). Aspek Keselamatan Ditinjau Dari Stabilitas Kapal Dan Regulasi Pada Kapal Pole And Line Di Bitung, Sulawesi Utara (Safety Aspects Pole and liner From Ship Stability and Regulation Point of View in Bitung, North Sulawesi). Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology and Management, 5(2), 181–191. https://doi.org/10.29244/jmf.5.2.181-191

Riduan, A. &. (2019). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. alfabeta.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif. alfabeta.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R& D (Cetakan Ke). CV. Alvabeta.

Sutryani, H., Dewi, A. K., & Wibowo, I. R. (2021). Penggunaan Peralatan Navigasi untuk Menghindari Terjadinya Kecelakaan Kapal. E-Journal Marine Inside, 3(July), 44–51. https://doi.org/10.56943/ejmi.v3i1.28

Syamsuri, Ulum, M., Setyono, B., Suheni, Khusna, D., Setyono, G., Noerpamoengkas, A., P, D. A., S, V. A., I, A. Y., Irawan, H., & M, H. S. (2019). Pengabdian Kepada Masyarakat Bagi Nelayan Nambangan Kelurahan Kedung Cowek Kecamatan Bulak “Penyuluhan Perawatan Mesin Kapal Nelayan.” Journal of Science and Social Development, 2(2), 43–48. https://doi.org/10.55732/jossd.v2i2.177

Vega F. Andromeda, & Danang Wahyu Pratama. (2018). Penanganan Bongkar Muat Dengan Crane Kapal Di Mv. Oriental Jade. Dinamika Bahari, 8(2), 2011–2028. https://doi.org/10.46484/db.v8i2.73

Wardono, & Vega Fonsula Andromeda. (2018). Keadaan Darurat Pada Saat Olah Gerak Memasuki Alur Pelayaran Sempit Sungai Kapuas Di Mt. Anggraini Excellent. Dinamika Bahari, 9(1), 2243–2258. https://doi.org/10.46484/db.v9i1.91

Waris Wibowo, N. A., & Jamaluddin. (2021). Optimalisasi Perawatan Sistem Pendingin Tertutup Pada Mesin Diesel Tipe MAK 8M32 Pada KM LIT ENTERPRISE. Jurnal Polimesin, 19, 28–34.

Wijaya, C. S., Sawitri Wulandari, R. R., & Mudakir, M. (2022). Optimalisasi Fuel Oil Purifier Guna Menunjang Pengoperasian Mesin Induk Di Atas Kapal MT. Ontario. Meteor STIP Marunda, 15(1), 196–201. https://doi.org/10.36101/msm.v15i1.232

Downloads

Published

26-06-2022

How to Cite

Putra, A. deska, Pranata, W. ., Siska, , . S. Y. ., & Kurniadi, D. (2022). Optimalisasi Perawatan Intercooler Diesel Engine pada Kapal Spob Tirta Samudera XIX. Jurnal Cakrawala Bahari, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.70031/jkb.v6i2.49