Analisis Kendala dalam Proses Tank Cleaning terhadap Kelancaran Loading Cargo di Spob. Seroja II
DOI:
https://doi.org/10.70031/jkb.v6i1.48Keywords:
Analisis Kendala Tank Cleaning, Tank Cleaning, Loading cargoAbstract
Crew kapal melaksanakan tank cleaning muatan CPKO (Crude Palm Kernel Oil) akan diganti dengan RBD PALM OLEIN dengan target tank cleaning selama 10 jam, namun kenyataan yang terjadi dilapangan crew kapal tidak dapat menyelesaikan tank cleaning dengan tempo waktu 10 jam dikarenakan beberapa faktor yang ditemukan: jumlah alat kebersihan yang minim, APD yang tidak memadai, kondisi cuaca yang buruk. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan tipe penelitian induktif. Dengan cara peneliti menganalisis hasil dari observasi, wawancara serta dokumentasi tentang pelaksanaan pembersihan ruang muat (tank cleaning) yang baik. Hasil yang diperoleh dari penelitian di kapal SPOB. SEROJA II, yaitu: (1) Pelaksanaan pembersihan ruang muat dapat berjalan baik tergantung pada perencanaan, kegiatannya, pengorganisasian tugas serta tanggung jawab yang baik oleh crew kapal, (2) Crew kapal mengabaikan prosedur dan keselamatan kerja saat melaksanakan pembersihan ruang muat seperti mengabaikan kadar oksigen di ruang muat, tidak menyiapkan peralatan dengan baik, dan tidak memakai alat pelindung diri dengan benar.
Downloads
References
Abdussaman, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press
Azizul, A., Sijabat, E. A. S., Tampubolon, M. P., Tatiana, Y., & Ricardianto, P. (2024). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Penumpang: Bukti Empiris di Pelabuhan Penyeberangan Ro-Ro Rupat Provinsi Riau. Jurnal Penelitian Transportasi Laut, 25(2), 81–92. https://doi.org/10.25104/transla.v25i2.2294
Girsang, J. W., Ginting, D., Adiguna, P., & Indonesia, M. (2024). Prosedur Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan ( SMK ) Di Atas Kapal MT . Garuda Asia Pada PT . Pelayaran Multi Jaya Samudera Belawan. 4, 11692–11700.
Gianto, dkk . (2013). “Pengoperasian Pelabuhan Laut”. Semarang: BPLP
ILO. (2019). "Keselamatan dan Kesehatan Kerja", Score, Jakarta
International Labour Organization. (2019). Kesehatan dan Keselamatan pada Pembangunan dan Perbaikan Kapal.
Indrawan, Rully dan Yaniawati, R. Poppy. (2014). Metodologi Penelitian. Bandung: PT. Refika Aditama
Kurniawan, A. W., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Pandiva Buku.
Mu’tasim, F., Meinina, & Hartanto, C. F. B. (2021). Optimalisasi Proses Bongkar Muat Minyak Produk di Dermaga Curah Cair PT. Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Emas Semarang. Dinamika Bahari, 2(1), 62–71. https://doi.org/10.46484/db.v2i1.245
Muat, B., Mt, D. I., & Palm, S. (n.d.). ” USAHA MENINGKATKAN PROSES TANK CLEANING DALAM.
Nugraha, W. A. (2020). Revisi Rekomendasi Untuk Memasuki Ruangan tertutup di Atas Kapal. IMO Resolution A.1050 (27).
OSHA. (2018). Permit-ReNquired Confined Spaces. U.S.: U.S. Department of Labor.
Putri, S., Santoso, S., & Rahayu, E. P. (2018). Pelaksanaan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Kejadian Kecelakaan Kerja Perawat Rumah Sakit. Jurnal Endurance, 3(2), 271. https://doi.org/10.22216/jen.v3i2.2686
Purba (2018)."Angkutan Muatan Laut I",PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Simanjuntak, M., Putro, B. S., Sihombing, D. W., & Ratno Justisyo, B. A. (2022). Upaya Meningkatkan Kelancaran Proses Tank Cleaning Untuk Mencegah Keterlambatan Kegiatan Bongkar Muat Di MT. Griya Enim. Meteor STIP Marunda, 15(2), 360–367. https://doi.org/10.36101/msm.v15i2.247
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2021). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.
Sudjatmiko.(2014). "Pokok - Pokok Pelayaran Niaga", PT. Gunung Agung, Jakarta.
Usman, R. Al. (2021). OPtimalisasi Penggunaan Sistem Ballast Untuk Stabilitas Kapal Setelah Bongkar Muat di MV. Meratus Medan 1. 1–51.
Widar Bayu Wantoro, F. B. (2021). Tank Cleaning Process dalam Menunjang Kelancaran. Jurnal Maritim Polimarin, Vol. 7, No. 1, April 2021, 7(1), 13–18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Rezki Albani, Edi Kurniawan, Sarifuddin Sarifuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




