Karya Ilmiah Terapan Optimalisasi Kinerja Fresh Water Generator untuk Meningkatkan Produksi Air Tawar di Atas Kapal MT.SP1BSI

Abstract

Pada umumnya untuk memenuhi kebutuhan air tawar di atas kapal perlu adanya pesawat yang dapat mengolah air laut menjadi air tawar Pada keadaan tersebut, untuk memenuhi kebutuhan air tawar di atas kapalsangat di perlukan sebuah pesawat bantu yang dinamakan Fresh Water Generator yang mampu memproduksi air tawar dengan cara mengolah air laut menjadi air tawar melalui suatu proses penyulingan. Fresh Water Generator yang mampu memproduksi air tawar melalui suatu proses penyulingan. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah aktual yang di hadapi serta mengumpulkan data atau informasi untuk disusun, dijelaskan dan selanjutnya dianalisis. Berdasarkan hasil teori mengenai kinerja fresh water generator, agar jika suatu saat terjadi masalah kinerja fresh water generator dapat diatasi sesuai dengan pemecahan masalah yang akan di teliti pada karya ilmiah terapan ini.

Keywords
  • Optimalisasi
  • Fresh water generator
  • Air kapal
How to Cite
Putra, A. S. E., Silen, A. P. ., Kurniawan, E. ., & Saransi, F. . (2023). Karya Ilmiah Terapan Optimalisasi Kinerja Fresh Water Generator untuk Meningkatkan Produksi Air Tawar di Atas Kapal MT.SP1BSI. Jurnal Cakrawala Bahari, 6(2), 51–61. https://doi.org/10.70031/jkb.v6i2.58
References
  1. Agus Hadi P., Suwiyadi, & Muhammad Reza Wardani. (2018). Manajemen Penanganan Muatan Reefer Container Di Mv. San Pedro Bridge. Dinamika Bahari, 8(2), 2093–2106. https://doi.org/10.46484/db.v8i2.78
  2. Asman Ala, Mukhlas Hamdani, F. R. K. (2021). Analisis Penurunan Kinerja Fresh Water Generator Guna Mempertahankan Produksi Air Tawar Dikapal Motor Vessel CK. Angie. Meteor STIP Marunda, 14(1), 46–57.
  3. Aulia Uyun Asalina, Suherman, & Sri Purwantini. (2018). Optimalisasi Pengetahuan Dan Keterampilan Abk Tentang Prosedur Penggunaan Alat-Alat Pemadam Kebakaran Di Kapal Mt. Pematang. Dinamika Bahari, 8(2), 1949–1959. https://doi.org/10.46484/db.v8i2.69
  4. Budianto, N. Y., Hartaya, H., & Susanto, J. D. (2022). Menurunnya Performa Turbocharger Dalam Menerima Beban Untuk Operasional Pada Kapal MT. SC ALIA XVII. Meteor STIP Marunda, 15(1), 165–173. https://doi.org/10.36101/msm.v15i1.228
  5. Budianto, T., Alkharim, R., Sriantini, A., & Listriyawati, N. A. (2023). Efektivitas Alat Deteksi Kebakaran di MV. Meratus Waingapu. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan, 14(1), 42–47. https://doi.org/10.30649/japk.v14i1.102
  6. Chen, H., Ye, Z., & Gao, W. (2021). Fresh Water Generator : A Review Fresh Water Generator : A Review. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1973/1/012029
  7. Dony A. N., Sumarno PS, & Fitri Kensiwi. (2017). Identifikasi Gangguan Katup Gas Buang Mesin Induk Di Mt. Martha Tender. Dinamika Bahari, 8(1), 1867–1885. https://doi.org/10.46484/db.v8i1.63
  8. Hartaya, Herawati, S., & Komar, S. (2021). Upaya Mengatasi Gangguan Sistem Pembilasan Guna Menunjang Kelancaran Pengoperasian Mesin Induk Di Kapal MV. Lumoso Harmoni. Meteor STIP Marunda, 14(2), 92–99. https://doi.org/10.36101/msm.v14i2.200
  9. Hendrawan, A., D, A. S., & Nasution, H. (2022). Beban Lebih Elektro Motor Pompa Ejektor Pada Fresh Water Generator di Atas Kapal Motor Penumpang Mutiara Ferindo II. Jurnal Maritim Polimarin, 8(1), 71–77.
  10. Indriyani Editor, Stantika, E. A., Rayendra, A., & Hartanto, D. R. (2023). Pemeliharaan Alat Keselamatan Kapal Liferaft dan Alat Pemadam Api Ringan Kapal TB. Rizaluta Patra 3202 oleh PT. Spectra Tirtasegara Line. Saintara : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Maritim, 7(2), 33–37. https://doi.org/10.52475/saintara.v7i2.228
  11. Komang Gita Purusotama, B. R. (2023). OPTIMALISASI KINERJA FRESH WATER GENERATOR DALAM RANGKA PEMENUHAN KEBUTUHAN AIR TAWAR DI KAPAL MT. GALUNGGUNG. 3(1), 29–36.
  12. Kundori. (2020). Strategi Persiapan Pemeriksaan Annual Survey oleh Surveyor Biro Klasifikasi di Kamar Mesin Kapal. Majalah Ilmiah Gema Maritim, 22(1), 34–43. https://doi.org/10.37612/gema-maritim.v22i1.49
  13. Moleong, L. J. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.
  14. Mustain, I. (2020). Penurunan Tekanan pada Pompa Air Laut pada Mesin Induk Kapal. Majalah Ilmiah Gema Maritim, 22(1), 27–33. https://doi.org/10.37612/gema-maritim.v22i1.48
  15. Nawawi, C. I., Nugroho, A. A., & Febrilianto, Y. (2022). Optimalisasi Kinerja Fresh Water Generator untuk meningkatkan Produksi Air Tawar di atas Kapal. 4(July).
  16. Nursyamsu, Kustina, A., & Darojat, A. (2022). Pengaruh Olah Gerak MV. Sarana Lintas Utama saat memasuki Alur Pelayaran Dangkal dan Sempit. E-Journal Marine Inside, 4(July), 20–32. https://doi.org/10.56943/ejmi.v4i1.36
  17. Rybowiak, V., Garst, H., & Frese, M. (1999). Error Orientation Questionnaire ( EOQ ): reliability , validity , and di erent language equivalence. 547(January 1997).
  18. Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. alfabeta.
  19. Tjahjono, E. B., Hernst Lontoh, P. Z., & Suhartini, S. (2022). Analisis Penanganan Pemuatan LNG Di Atas Kapal PGN FSRU Lampung Untuk Mencegah Kecelakaan Di Atas Kapal. Meteor STIP Marunda, 15(2), 368–375. https://doi.org/10.36101/msm.v15i2.248
  20. Waris Wibowo, N. A., & Jamaluddin. (2021). Optimalisasi Perawatan Sistem Pendingin Tertutup Pada Mesin Diesel Tipe MAK 8M32 Pada KM LIT ENTERPRISE. Jurnal Polimesin, 19, 28–34.