Optimalisasi Pengabutan Injector Guna Menunjang Operasional Mesin Induk di KM. Fajar Bahari III

Authors

  • Farhan Agus Politeknik Pelayaran Sumatera Barat, Indonesia
  • Irwan Irwan Politeknik Pelayaran Sumatera Barat, Indonesia
  • Syamsir Syamsir Politeknik Pelayaran Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.70031/jkb.v6i2.68

Keywords:

Optimalisasi, Injector, Pengabutan, Mesin Induk, Perawatan Kapal

Abstract

Alat untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bakar dengan cara mengubah partikelnya menjadi kabut disebut Injector. Agar pengabutan bahan bakar dapat mengabut dengan baik, maka harus selalu diadakan perawatan sesuai prosedur di dalam manual book sehingga pengabutan injector pada mesin induk menjadi optimal. Hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti terhadap Injector pada mesin induk yaitu pengabutan injector tidak bekerja optimal dikarenakan perawatan yang tidak sesuai dengan apa yang ada di manual book yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada komponen injector seperti spring dan nozzle needle, tersumbatnya lobang- lobang pengabutan dikarenakan kualitas bahan bakar yang kotor. Running hours injector yang sudah mencapai limit sehingga menyebabkan kurang optimalnya pengabutan injector pada mesin induk. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendapatkan informasi, data yang spesifik, dan fakta- fakta nyata menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi mengenai optimalisasi pengabutan injector guna menunjang operasional mesin induk di KM. Fajar Bahari III.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almira, F (2019). Fungsi komponen cara kerja injector nozzle (online). https://sekolahkami.com. Diakses pada tanggal 22 Mei 2022.

Apri, E.A. (2017). Prinsip Dasar Mesin Diesel. Makassar: Universitas Hasanudin.

Bosch, R. (1924). Pompa Injeksi (Online). https://lokerpelaut.com/pompainjeksi. Diakses pada tanggal 1 Juni 2022.

Bogdan & Biklen (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Daryanto (2009). Prinsip Dasar Mesin Otomotif (Online). Bandung: Alfabeta. Daryanto dan Setyabudi, I. (2012). Teknik Motor Diesel. Bandung: Alfabeta.

Hasan, M.I. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Halimah, D.N. (2020). Optimalisasi Perawatan Injector Guna Menunjang Performa Diesel Generator Di MT. Serang Jaya.(skripsi tidak diterbitkan) Semarang: Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.

Handoyo, J.J. (2015). Mesin Penggerak Utama Mesin Diesel. Yogyakarta: CV. Deepublish.

Herlina, Y., Dika Pratama, G., & Waspodo, F. (2019). Mengamati Turunnta Kinerja Injector Motor Induk Di Kapal KM. Zaisan Star II PT. Zaisan Citra Mandiri. Cirebon: Akademi Maritim Cirebon.

Ismanto. (2012). Analisis Variasi Tekanan Pada Injektor Terhadap Performance (Torsi dan Daya) Pada Motor Diesel. Yogyakarta: Universitas Janabadra

Karyanto, E. (2015). Panduan Reparasi Mesin Diesel. Jakarta:Pedoman Ilmu Jaya.

Karyanyo, E. (2002). Teknik Motor Diesel. Jakarta: Radar Jaya.

Salazar, F. (1998). Internal Combustion Engines and External Combustion Engines. USA: University Of Notre Dame

Semiawan, C.R. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun PIP Semarang. Motor Diesel Penggerak Utama. Semarang: PIP Semarang

Downloads

Published

01-05-2023

How to Cite

Agus, F., Irwan, I., & Syamsir, S. (2023). Optimalisasi Pengabutan Injector Guna Menunjang Operasional Mesin Induk di KM. Fajar Bahari III. Jurnal Cakrawala Bahari, 6(2), 18–24. https://doi.org/10.70031/jkb.v6i2.68