Optimalisasi Pengabutan Injector Guna Menunjang Operasional Mesin Induk di KM. Fajar Bahari III
-
Published: 1 May 2023
-
Page: 81-87
Abstract
Alat untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bakar dengan cara mengubah partikelnya menjadi kabut disebut Injector. Agar pengabutan bahan bakar dapat mengabut dengan baik, maka harus selalu diadakan perawatan sesuai prosedur di dalam manual book sehingga pengabutan injector pada mesin induk menjadi optimal. Hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti terhadap Injector pada mesin induk yaitu pengabutan injector tidak bekerja optimal dikarenakan perawatan yang tidak sesuai dengan apa yang ada di manual book yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada komponen injector seperti spring dan nozzle needle, tersumbatnya lobang- lobang pengabutan dikarenakan kualitas bahan bakar yang kotor. Running hours injector yang sudah mencapai limit sehingga menyebabkan kurang optimalnya pengabutan injector pada mesin induk. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendapatkan informasi, data yang spesifik, dan fakta- fakta nyata menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi mengenai optimalisasi pengabutan injector guna menunjang operasional mesin induk di KM. Fajar Bahari III.
- Optimalisasi
- Injector
- Pengabutan
- Mesin Induk
- Perawatan Kapal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Almira, F (2019). Fungsi komponen cara kerja injector nozzle (online). https://sekolahkami.com. Diakses pada tanggal 22 Mei 2022.
- Apri, E.A. (2017). Prinsip Dasar Mesin Diesel. Makassar: Universitas Hasanudin.
- Bosch, R. (1924). Pompa Injeksi (Online). https://lokerpelaut.com/pompainjeksi. Diakses pada tanggal 1 Juni 2022.
- Bogdan & Biklen (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Daryanto (2009). Prinsip Dasar Mesin Otomotif (Online). Bandung: Alfabeta. Daryanto dan Setyabudi, I. (2012). Teknik Motor Diesel. Bandung: Alfabeta.
- Hasan, M.I. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.
- Halimah, D.N. (2020). Optimalisasi Perawatan Injector Guna Menunjang Performa Diesel Generator Di MT. Serang Jaya.(skripsi tidak diterbitkan) Semarang: Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.
- Handoyo, J.J. (2015). Mesin Penggerak Utama Mesin Diesel. Yogyakarta: CV. Deepublish.
- Herlina, Y., Dika Pratama, G., & Waspodo, F. (2019). Mengamati Turunnta Kinerja Injector Motor Induk Di Kapal KM. Zaisan Star II PT. Zaisan Citra Mandiri. Cirebon: Akademi Maritim Cirebon.
- Ismanto. (2012). Analisis Variasi Tekanan Pada Injektor Terhadap Performance (Torsi dan Daya) Pada Motor Diesel. Yogyakarta: Universitas Janabadra
- Karyanto, E. (2015). Panduan Reparasi Mesin Diesel. Jakarta:Pedoman Ilmu Jaya.
- Karyanyo, E. (2002). Teknik Motor Diesel. Jakarta: Radar Jaya.
- Salazar, F. (1998). Internal Combustion Engines and External Combustion Engines. USA: University Of Notre Dame
- Semiawan, C.R. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo
- Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
- Tim Penyusun PIP Semarang. Motor Diesel Penggerak Utama. Semarang: PIP Semarang